Sebagai penghobi burung kenari tentu harus peka terhadap kondisi sekitar kenari, baik kondisi dalam kandang, kondisi sekitar lingkungan, maupun kondisi cuaca. Dengan membuat kenari sesuai dengan kondisi sekitar tentu harus dilakukan hal-hal yang tepat, agar kenari merasa nyaman dan bisa dengan mudah beradaptasi.

Ada beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk perawatan burung kenari, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Lakukan penjemuran
Bila musim kemarau yang tentu kondisinya terasa sangat penas, maka penjemuran jangan sampai terlalu lama. Penjemuran kenari harus dilakukan secukupnya saja, yaitu pada pagi hari sekitar jam 6 atau jam 7 hingga jam 9, karena jam 10 ke atas terik matahari sudah terlalu panas, sehingga bila kenari kepanasan bisa berakibat stres dan bahkan sampai sakit karena tidak tahan.

2. Jangan lupa pengerondongan
Apabila sudah melakukan penjemuran pada kenari, maka segera kerondongi dengan kain pada sangkarnya, lebih bagus lagi menaruhnya di bawah pohon yang teduh, hal ini dilakukan dengan tujuan agar kenari merasa adem, segar, dan nyaman. Pada sore harinya kerondong bisa anda buka, kemudian tambahkan sedikit pakan EF dan angin-anginkan.

3. Berikan pula vitamin dan antibiotik
Sebaiknya berikan vitamin tambaha untuk menjaga kondisi atau daya tahan tubuh kenari tetap kuat, dan sesekali juga berikan antibiotik agar kenari kebal dari serangan penyakit.

4. Berikan pakan dan minum yang tepat
Jangan sampai telat memberikan minum pada kenari, apalagi sampai membiarkan minum kenari yang habis dalam waktu yang lama, hal ini tentu membuat kenari merasa sangat tidak nyaman, karena kondisi cuaca yang panas biasanya kenari gemar untuk minum dan mandi. Sebaiknya berikan pakan yang segar-segar seperti sayuran dan buah-buahan, karena pakan tersebut kaya akan vitamin dan mineral yang cocok untuk diberikan pada kenari di musim kemarau.

5. Jaga kebersihan kandang
Meskipun cuaca panas, dan kotoran kenari cepat mengering, tetap kandang harus selalu dibersihkan, hal ini selain meminimalisir timbulnya penyakit juga membuat kenari lebih nyaman dengan kondisi rumahnya.

6. Selalu peka dan memantau kondisi kenari
Sobat kenari mania harus selalu memantau kondisi kenari, apakah terlihat kenari diem saja atau lemas, atau mungkin berhenti berkicau, dan lain sebagainya. Sehingga untuk mengatasinya bisa lebih cepat dan tidak terlambat, yakni bisa dengan diberikan obat antibiotik dan nutrisi alami lainnya agar kenari kembali fit dan berstamina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *